IMPLEMENTASI MANAJEMEN MODUL AJAR DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 2 TULUNG BALAK
IMPLEMENTASI MANAJEMEN MODUL AJAR DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 2 TULUNG BALAK
Keywords:
Manajemen Modul Ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen modul ajar dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri 2 Tulung Balak. Fokus penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi modul ajar yang dirancang guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa yang beragam. Meto de penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memanfaatkan modul ajar sebagai panduan yang fleksibel, memadukan berbagai strategi berdiferensiasi, seperti variasi materi, model pembelajaran, dan penugasan. Namun, beberapa kendala masih ditemukan, antara lain keterbatasan waktu dalam menyesuaikan modul dengan karakter siswa dan kurangnya pelatihan lanjutan terkait desain modul ajar. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kolaborasi antar guru, pendampingan berkelanjutan, dan pemanfaatan sumber belajar digital untuk memperkaya modul ajar. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi sekolah dalam mengoptimalkan penerapan Kurikulum Merdeka yang berpusat pada kebutuhan belajar siswa.