ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Authors

  • CHINDU LINTANG BHUANA STKIP ROSALIA LAMPUNG
  • RICO PRAMESTIAWAN STKIP ROSALIA LAMPUNG

Keywords:

Blanded learning, Moodle, Algoritma dan pemrograman

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran blended learning. Model ini menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring, yang terbukti mampu meningkatkan pemahaman, motivasi mahasiswa, serta memperluas akses tanpa mengorbankan interaksi langsung. Salah satu platform yang mendukung implementasi blended learning adalah Moodle, yang menawarkan fitur-fitur lengkap seperti kuis interaktif, forum diskusi, dan manajemen materi untuk pembelajaran yang lebih sistematis dan terdokumentasi. Mata kuliah Algoritma dan Pemrograman dalam pendidikan informatika memiliki tantangan tersendiri karena sifatnya yang abstrak dan teknis. Pembelajaran yang mengandalkan metode konvensional cenderung sulit dipahami oleh sebagian mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Indonesia, penerapan blended learning terbukti meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah tersebut, dengan peningkatan rata-rata sebesar 37,59%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam mengenai efektivitas model blended learning berbasis Moodle dalam konteks Algoritma dan Pemrograman, dengan fokus pada hasil belajar, motivasi, dan partisipasi mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif di Program Studi Pendidikan Informatika.

Downloads

Published

2025-08-20