Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System Of Instruction (PSI) Terhadap Hasil Belajar Psikomotor Pada Renang Gaya Dada
Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System Of Instruction (PSI) Terhadap Hasil Belajar Psikomotor Pada Renang Gaya Dada
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Personalized System of Intruction pada renang gaya dada. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/i kelas VII C SMP Madinatul Hadid Cilegon sebanyak 30 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu Non-Probability sampling. Desain penelitian menggunakan Purposive Sampling. Instrument yang digunakan yaitu tes renang gaya dada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran project based learning memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka penelitian ini terdapat pengaruh dalam hasil pembelajaran renang gaya dada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Personalized System of Intruction terhadap hasil belajar psikomotor pada renang gaya dada