EKSPLORASI STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS MULTIGRADE DI SEKOLAH DASAR PEDESAAN

EKSPLORASI STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS MULTIGRADE DI SEKOLAH DASAR PEDESAAN

Authors

  • Vika Nadiana STKIP ROSALIA LAMPUNG
  • Des Sinta Sari STKIP ROSALIA LAMPUNG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh guru dalam mengelola kelas multigrade di sekolah dasar pedesaan. Kelas multigrade merupakan sistem penggabungan dua atau lebih tingkat kelas dalam satu ruang belajar yang dikelola oleh satu orang guru. Sistem ini umumnya diterapkan di daerah pedesaan yang mengalami keterbatasan jumlah siswa dan tenaga pengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap lima guru di tiga sekolah dasar pedesaan yang menerapkan kelas multigrade.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, antara lain dengan memadukan tema lintas jenjang, membagi waktu secara bergantian antar kelompok siswa, serta menggunakan bahan ajar mandiri. Guru juga menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan waktu, perbedaan karakteristik siswa, dan minimnya media pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru mengembangkan solusi kreatif seperti melibatkan siswa kelas atas dalam membantu adik kelasnya, serta membuat modul dan lembar kerja sendiri. Temuan ini menekankan pentingnya dukungan kebijakan dan pelatihan bagi guru yang mengajar di kelas multigrade, agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan.

Downloads

Published

2025-08-20