MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA ANIMASI BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS II SD NEGERI 1 METRO PUSAT

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA ANIMASI BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS II SD NEGERI 1 METRO PUSAT

Authors

  • Rahmat Wijayanto J STKIP ROSALIA LAMPUNG
  • Yesi Eka Pratiwi STKIP ROSALIA LAMPUNG

Keywords:

Media animasi, Canva, Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penggunaan media video animasi berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 1 Metro Pusat kelas 2 dalam pembelajaran pendidikan Pancasila. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 3 tahapan yakni, tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Di mana subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa yang mana 6 di antaranya siswa putra dan 9 siswa putri yang duduk di kelas 2. Hasil observasi terhadap dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar dari studi awal hingga Siklus II. Dari 15 siswa, hanya 9 (60%) yang menunjukkan hasil belajar pada awalnya, meningkat menjadi 11 (73,33%) di Siklus I, dan 13 (86,66%) di Siklus II. Peningkatan terjadi secara bertahap sebesar 13,33% di setiap siklus. Pembelajaran Pkn tentang kesadaran demokrasi berlangsung kondusif dan interaktif, mencerminkan keterlibatan aktif siswa. Peneliti berhasil menerapkan perbaikan strategi pembelajaran, terbukti dari 13 siswa (86,66%) yang memenuhi kriteria kelulusan, menunjukkan keberhasilan dalam proses belajar.

Downloads

Published

2025-08-20