HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI METODE LATIHAN BOX JUMP PADA SISWA SMA NEGERI 3 METRO
HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI METODE LATIHAN BOX JUMP PADA SISWA SMA NEGERI 3 METRO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (Bagaimana Hasil Belajar Smash Bola Voli Melalui Metode Latihan Box Jump Pada Siswa Ektrakurikuler SMA Negeri 3 Metro) tahun pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/peserta ektrakurikuler bola voli SMA Negeri 3 Metro dengan jumlah sampel penelitian 24 (12 putra, 12 putri) dipilih secara total populasi. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA, yang tergabung dalam kegiatan ektrakurikuler bola voli SMA Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian smash bola voli, lembar observasi untuk siswa, lembar observasi untuk guru/pelatih. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran smash bola voli melalui metode latihan box jump pada siswa/peserta ektrakurikuler SMA Negeri 3 Metro dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Khususnya hasil belajar smash bola voli. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan hasil belajar siswa dari 24 siswa/peserta ektrakurikluler pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai KKM 70 hanya 5, dan pada siklus I meningkat menjadi 10 Siswa, kemudian pada siklus II, meningkat menjadi 22 siswa yang mencapai nilai KKM 70 bahkan lebih. Sehingga ketuntasan secara klasikal sudah lebih dari 80 % siswa yang tuntas belajar.