HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SD NEGERI 06 KOTA METRO

HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SD NEGERI 06 KOTA METRO

Authors

  • Sakun STKIP ROSALIA LAMPUNG

Abstract

Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 06 Kota Metro  .

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) di SD Negeri 06 Kota Metro. Subjek penelitian adalah guru kelas tinggi sebanyak 7 orang guru. Instrumen penelitian berupa angket yang mengukur kompetensi pedagogik guru yang terdiri dari 84 butir soal dan pedoman observasi APKG 1 dan 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “korelasi product moment”. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan pada bulan Juni 2024. Hasil dari korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa r hitung = 0,779 yang berada pada arah yang positif dengan korelasi yang cukup, sedangkan untuk uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,754. Dengan demikian dapat diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, dengan kata lain Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 06 Kota Metro  .

Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar

 

DOWNLOAD PDF

 

DAFTAR PUSTAKA

A.Sarumpet dkk. (1992). Permainan Besar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembina Tenaga Kependidikan.

Amung Ma’mun dan Yudha, (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak.

Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, (2003). Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Moh. Nazir, (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono, (2003). Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utami Munandar. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah.

Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Published

2024-08-07