UPAYA PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 3 METRO BARAT KOTA METRO

UPAYA PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 3 METRO BARAT KOTA METRO

Authors

  • Rahmat Wijayanto. J STKIP ROSALIA LAMPUNG
  • Yesi Eka Pratiwi STKIP ROSALIA LAMPUNG

Abstract

Masih  kurangnya  karakter  tanggung  jawab  pada  peserta  didik,  seperti  masih  ada beberapa   peserta   didik   yang   tidak   mengumpulkan   tugas   dan   mengerjakan   dengan kemampuannya sendiri, beberapa peserta didik masih ada yang terlambat dan masih ada yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan Pancasila dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada peserta didik di SD Negeri 3 Metro Barat Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini  merupakan  penelitian fenomenologi.  Hasil  penelitian  menunjukkan  berbagai  upaya  yang  dilakukan  oleh  guru pendidikan  Pancasila   di  dalam  kelas  maupun  di  luar  kelas  pada  proses  pembelajaran Pendidikan Pancasila di dalam kelas dengan cara pengecekan kebersihan ruang kelas termasuk laci meja belajar  setiap peserta didik. Kemudian melalui kegiatan belajar  mengajar denagn mengaitkan nilai-nilai tanggung jawab pada kehidupan sehari-hari yang relevan pada peserta didik. Selain itu dalam pemberian tugas yang dilakukan guna melatih kejujuran serta tanggung jawab  peserta  didik  di  dalam  kelas,  setiap  tugas  harus  dikerjakan  dengan  berdasarkan kemampuan  diri  sendiri  peserta  didik  dan dikumpulkan  tepat  waktu.  Penanaman  karakter tanggung jawab juga dilakukan melalui penerapan aturan di lingkungan sekolah.

 

Kata Kunci: Karakter, Tanggung Jawab, Pendidikan Pancasila

DOWNLOAD PDF

DAFTAR PUSTAKA

 

Lestari, Dini & Handayani, Nurul. 2023. Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah  Khususnya  SMA/SMK  Di  Zaman  Serba  Digital.  Jurnal  Guru  Pencerah  Semesta (JGPS). 1, (2), 101-109.

Ramli,  N.  2020.  Pendidikan  Karakter:  Implementasi  Pembelajaran  IPS  Menengah

Pertama. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Sa’diyah, M.K, Dewi D.A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6 (2), 9940-9945

Wahyuni, A. 2021. Pendidikan  Karakter: Membentuk  Pribadi Positif dan Unggul  di

Sekolah. Sidoarjo: Umsida Press.

Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hastuti, Desi Dwi, et al. 2018. Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika

SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), 139-146.

Wibowo, Ags & Gunawan.  2015. Pendidikan  Karakter  Berbasis Kearifan Lokal  di

Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2024-08-07