UPAYA PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 3 METRO BARAT KOTA METRO
UPAYA PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 3 METRO BARAT KOTA METRO
Abstract
Masih kurangnya karakter tanggung jawab pada peserta didik, seperti masih ada beberapa peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas dan mengerjakan dengan kemampuannya sendiri, beberapa peserta didik masih ada yang terlambat dan masih ada yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan Pancasila dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada peserta didik di SD Negeri 3 Metro Barat Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan Pancasila di dalam kelas maupun di luar kelas pada proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di dalam kelas dengan cara pengecekan kebersihan ruang kelas termasuk laci meja belajar setiap peserta didik. Kemudian melalui kegiatan belajar mengajar denagn mengaitkan nilai-nilai tanggung jawab pada kehidupan sehari-hari yang relevan pada peserta didik. Selain itu dalam pemberian tugas yang dilakukan guna melatih kejujuran serta tanggung jawab peserta didik di dalam kelas, setiap tugas harus dikerjakan dengan berdasarkan kemampuan diri sendiri peserta didik dan dikumpulkan tepat waktu. Penanaman karakter tanggung jawab juga dilakukan melalui penerapan aturan di lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Karakter, Tanggung Jawab, Pendidikan Pancasila
DAFTAR PUSTAKA
Lestari, Dini & Handayani, Nurul. 2023. Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya SMA/SMK Di Zaman Serba Digital. Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS). 1, (2), 101-109.
Ramli, N. 2020. Pendidikan Karakter: Implementasi Pembelajaran IPS Menengah
Pertama. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Sa’diyah, M.K, Dewi D.A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6 (2), 9940-9945
Wahyuni, A. 2021. Pendidikan Karakter: Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di
Sekolah. Sidoarjo: Umsida Press.
Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hastuti, Desi Dwi, et al. 2018. Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika
SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), 139-146.
Wibowo, Ags & Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di
Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.