PEMBELAJARAN PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL HUDA PUNGGUR TAHUN AJARAN 2023/2024
PEMBELAJARAN PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL HUDA PUNGGUR TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah upaya mengadakan perubahan-perubahan dengan cara tertentu dari seorang siswa terhadap pemahaman tentang agama Islam yang mana nantinya berimplikasi kepada perubahan prilaku, ataupun cara pandang terhadap nilai-nilai agama islam. Namun hasil pembelajaran pendidikan agama islam yang berlangsung selama ini belum mampu menanamkan nilai-nilai moral-etis ke dalam pribadi peserta didik sehingga menjadi pribadi yang berakhlak mulia sebagaimana yang dicita-citakan. Hal ini membutuhkan penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik khususnya pada mata pelajaran PAI yang diajarkan. Berkaitan dengan hal ini maka pelaksanaan pembelajaran PAI sangat penting untuk mengantarkan peserta didik yang berkarakter.
Dalam penelitian ini analisis diarahkan pada unsur pelaksanaan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI sudah baikdilaksanakan dan diawali dari perencanaan. Dalam perencanaan, guru telah mampu membuat dan melengkapi perencanaan pembelajaran dengan sangat baik. Kemudian dalam pembelajaran PAI, kegiatan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang sudah diintegrasikan dalam RPP dan diimplementasikan dalam proses pelaksanaan, dimana nilai-nilai karakter bangsa tersebut diantaranya nilai religius, siswa terlebih dahulu diminta untuk berdo’a sebelum memulai pelajaran dengan membaca surat pendek. Dalam kaitan dengan nilai kejujuran guru Bidang Studi PAI selalu mengajarkan kepada peserta didik untuk berperilaku jujur dengan menyesuaikan antara ucapan dan perbuatan serta memilik rasa tanggung jawab. Guru Bidang Studi PAI, selalu memberikan bimbingan kepada peserta didik tanpa membedakan siswa yang satu dengan yang lain yang. Dalam menerapkan budaya disiplin kepada peserta didik seperti diterapkan dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah yang dilakukan di sekolah. Kemudian mengajarkan kepada peserta didik akan arti nilai kerja keras dan ketekunan. Dalam kaitan dengan nilai kreatif, Guru Bidang Studi PAI menggunakan pendekatan yang imajinatif sehingga kegiatan pembelajaran dapat semakin lebih menarik. Guru selalu menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri. Mengajak siswa untuk berfikir, dan bertindak yang menilai secara sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. Guru memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik dengan mengucapkan selamat dan memberikan bingkisan kepada siswa teladan berprestasi. Membiasakan para siswa untuk memelihara kebersihan lingkungan kelas..Dan yang terakhir dalam pembelajaran PAI guru melaksanakan evaluasi sesuai tercantum dalam RPP dan mengakhiri penilaian pada tahap tindak lanjut/follow up.
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Budaya, Karakter Bangsa
DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur’an dan terjemahnya
Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2012
Abudin Nata, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta:Prenada Media,2007
Ahmad Najib Burhani, Islam Dinamis: Menggugat Peran Agama, Membongkar Doktrin Yang Membantu, Jakarta:Kompas,2001
Amru Khalid, Terampil Menawan dengan Akhlak Mulia, Jakarta:Cakrawala Publishing,2008
Endang Saifuddin Anshari, Pokok-pokok Pemikiran Tentang Islam, Jakarta: Usaha Enterperuse,1976
- Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Fadlullah, Orientasi Baru Pendidikan Islam, Jakrta:Diadit Media,2008
H.M.Arifin, Ilmu Pendidikan Islam : Suatu Tinajuan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner,Jakarta:PT Bumi Aksara,2000
Kautsar Azhari Noer, Pluralisme dan Pendidikan di Indonesia: Menggugat Ketidakberdayaan Sistem Pendidikan Agama, dalam Th. Sumartana,dkk, PluralismeKonflik dan Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Yogyakarta:Interfidei,2001
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2002
Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2000
Nur Chasanah, “Karakteristik Materi Fiqih dan Macam-Macam Metode Pembelajaran yang Cocok dengan Materi Fiqih”, http//annuramadhani.blogspot.com/5/2014/html. Diakses 30 Januari 2022
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2001