KARAKTERISTIK DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA TEMPEL DI MASA NEW NORMAL DENGAN MENERAPKAN STRATEGI JOYFUL LEARNING PADA SISWA KELAS IV B SDN 5 RAWAJITU UTARA MESUJI LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

KARAKTERISTIK DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA TEMPEL DI MASA NEW NORMAL DENGAN MENERAPKAN STRATEGI JOYFUL LEARNING PADA SISWA KELAS IV B SDN 5 RAWAJITU UTARA MESUJI LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • VIVI ANDREA STKIP ROSALIA LAMPUNG

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) Memahami karakteristik dan kemampuan siswa dalam pembelajaran seni rupa tempel dimasa new normal. (2) Mengetahui penerapan strategi joyfull learning dalam pembelajaran seni rupa tempel dimasa new normal pada siswa kelas IV B SDN 5 Rawajitu Utara Mesuji Lampung. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran seni terpadu, strategi joyfull learning serta unsur-unsur dan prinsip seni rupa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan  deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ibu Suwaibah S. Pd selaku guru seni budaya kelas IV B,  siswa kelas IV B berjumlah 28 orang dan orang tua siswa kelas IV B SDN 5 Rawajitu Utara berjumlah 3 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pembelajaran seni rupa tempel dimasa new normal dan strategi joyfull learning. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu Credebility, Transferability, Dependability dan Confirmability. Teknik analisis yang digunakan adalah  Reduksi Data, Deskripsi Data dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut; pertama,Siswa kelas IV memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda dengan siswa pada jenjang kelas yang lain, sehingga guru perlu memahami karakteristik dan kemampuan siswa terlebih dahulu, sebelum pembelajaran agar tidak terjadi kegagalan dalam pembelajaran. Kedua, Strategi joyfull learning diterapkan pada pembelajaran seni rupa tempel dimasa new normal secara daring dan luring. Pada pembelajaran secara daring guru mengirimkan video animasi agar siswa termotivasi untuk belajar dan mengirimkan  materi seni rupa tempel melalui grub whatshapp. Setelah itu, guru mengarahkan siswa untuk mencari dan mengumpulkan bahan-bahan dari lingkungan sekitar yang digunakan untuk membuat karya seni rupa tempel. Sedangkan pada pertemuan secara luring guru menjelaskan materi secara detail dan mendalam namun dikemas menjadi semenarik mungkin. Sebelum pembelajaran di mulai, guru juga memberikan penyegaran terlebih dahulu, agar siswa tidak mudah bosan.Pembelajaran seni rupa tempel dibagi menjadi 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi.

 

Kata Kunci: Karakteristik, Seni Rupa Tempel, New Normal, Strategi Joyfull Learning

PDF

Published

20-09-2023