FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA Dl SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG UDIK TAHUN PELAJARAN 2021/2022
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA Dl SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG UDIK TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Udik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif di dukung dengan data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Udik. Teknik pengumpulan data melalui angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan langkah-langkah dari data yang sudah terkumpul kemudian dilakukan penyajian data atau penyusunan data, data yang disajikan berbentuk persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan: faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa yaitu: pertama, faktor internal Siswa meliputi jasmani dan psikologi. Faktor psikologi siswa yakni untuk kelas XI seluruhnya sehat tidak terdapat cacat tubuh, dan untuk faktor psikologi yaitu ; (1) rasa senang siswa terhadap pembelajaran tari bedana 100%, (2) adanya siswa yang mengalami kesulitan 42.30%, (3) 53.84% menyatakan situasi kelas yang ramai, (4) 100% menyatakan tidak masuk dalam Sanggar tari, (5) berlatih menari dirumah dilakukan oleh 46.15% siswa, (6) adanya 42.30% ketertarikan terhadap kegiatan yang diselenggarakan sekolah khususnya dalam bidang seni tari, (7) serta adanya 96.15% dukungan dari orang tua. Kedua, faktor eksternal Siswa ; dukungan dari kepala sekolah, guru seni tari yang meliputi: motivasi, materi tari, metode pembelajaran, sarana prasarana yang berupa tempat berlatih, tape audio dan kaset serta properti tari, selain itu dukungan dari orang tua Siswa yang berupa (1) rasa senang orang tua pada anak dalam mengikuti pembelajaran tari bedana di sekolah. (2) 90.90% yang menunjang kebutuhan Siswa dalam hal menari, (3) motivasi 100% yang diberikan sekolah dan orang tua dalam membangkitkan semangat belajar tari bedana, (4) pendampingan orang tua kepada Siswa dalam belajar dirumah 45.45%, (5) dukungan orang tua untuk memasukkan anak ke sanggar tari sebanyak 9.090]%. Dengan demikian Faktor yang paling utama adalah faktor internal yaitu faktor dari dalam diri dan faktor pendukung yakni faktor eksternal, dorongan dari luar diri siswa.
Kata Kunci: Faktor, Minat, Siswa, Seni