PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUNTEN MELALUI METODE JIGSAW Dl KELAS X SMA NEGERI 1 KIBANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUNTEN MELALUI METODE JIGSAW Dl KELAS X SMA NEGERI 1 KIBANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan prestasi siswa kelas X dalam pembelajaran seni tari sigeh pengunten melalui metode jigsaw di SMA Negeri 1 Kibang. Teori yang digunakan yaitu Belajar, Metode Jigsaw, Tari Sigeh Pengunten.Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang mengikuti eskul tari SMA Negeri 1 Kibang berjumlah 38 siswa. Penelitian berlangsung di SMA Negeri 1 Kibang. Prosedur penelitian ini terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat pertemuan pertemuan dengan langkah-langkah : (1) perencanaanș (2) implementasi tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,tes penampilan, dokumentasi, wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas positif siswa dalam pembelajaran selama 2 siklus mengalami peningkatan.hal tersebut ditandai dengan kerja kelompok yang kompak, siswa krestif dalam membuat gerak tari dalam pola lantaiș siswa mampu menggabungkan gerak tari menjadi sebuah pola lantai yang mereka buat Peningkatan prestasi didukung oleh data kuantitatif bahwa yang mendapatkan nilai lebih dari 75 atau tuntas sebelum tindakan sebesar 57,90% sebanyak 22 siswa. Setelah metode Jigsaw dilaksanakan dalam pembelajaran pada akhir siklus I presentase siswa yang tuntas menjadi 68,42% sebanyak 26 siswa dan dan siswa yang belum tuntas menjadi 31,58% sebanyak 12 siswa. Selanjutnya pada akhir siklus II presentase siswa yang tuntas menjadi 89,47% sebanyak 34 siswa dan șîswa yang belum tuntas menjadi 10,53% sebanyak 4 siswa. Dengan demikian dapat di$impulkan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran seni tari.
Kata Kunci : Prestasi Siswa, Sigeh Pengunten, Metode Jigsaw