IDENTIFIKASI MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN REBANA DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMK KP GAJAH MADA 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
IDENTIFIKASI MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN REBANA DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMK KP GAJAH MADA 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Pembelajaran rebana di sekolah saat ini memang masih banyak menemui kendala dan masalah-masalah yang harus segera disikapi oleh pihak sekolah Salah satu penyebab utama tidak berhasilnya sebuah proses pembelajaran adalah dikarenakan dari faktor diri sendiri atau kesukaan terhadap bidang tersebut.
Dalarn penelitian ini penulis ingin mengetahui seberapa besar minat siswa Kelas XI SMK KP Gajahmada 2 Metro tahun pelajaran 2021/2022 terhadap pembelajaran rebana di sekolah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan metode survey yaitu dengan menggunakan angket, sampel yang digunakan sebanyak 30 orang.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Setelah diperoleh data dari angket yang telah disebarkan selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus statistik.
Setelah dianalisis hasilnya adalah sebagai berikut : Hasil penelitian tentang minat siswa Kelas XI SMK KP Gajahmada 2 Metro tahun pelajaran 2021/2022 menunjukan bahwa 48,7% berminat terhadap pembelajaran rebana, sedangkan yang tidak berminat sebesar 51,3%.
Kata Kunci : Identifikasi Minat Siswa, Pembelajaran Rebana