KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBASIS TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBASIS TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • LIZA AYU SAPUTRI STKIP ROSALIA LAMPUNG

Abstract

Pembelajaran matematika cli sekolah dasar yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya pembelajaran yang efektif dan mengaktifkan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Peneliti akan mengujikan sebuah model pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun datar di SD.

Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian inl yaitu siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Pusat. Teknik pengumpuian data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas dan analisis akhir.

Berdasarakan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan uji independent sample t test, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (10,047 > -2,011). Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3.221 > -2,011 maka dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar yang menerapkan model Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele lebih tinggi daripada pembelajaran yang menerapkan model konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus  uji pihak kanan, data aktivitas belajar siswa menuniukkan bahwa thitung > ttabel (16,664 >-2,069) dan nilai signifikansi <0,05 (0,000 < 0,05). Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,887 > 2,069) dan nilai signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Jadi penerapan model Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar; Matematika, Two Stay Two Stray, Van Hiele

PDF

Published

31-07-2024